Emergency Call


Ambulance
Call Center
Apakah kami membantu anda untuk mencari informasi?
  Ya
  Tidak

#

Hari Gizi Nasional 2022

Admin RS STS 29 Jan 2022, 10:48:45
0 Comments 435 Views

Download Buku Panduan HGN 2022

Sejarah Hari Gizi Nasional Mengutip situs sehatnegeri.kemkes.go.id, (25/1/2019), Hari Gizi Nasional dipelopori dari Bapak Gizi Indonesia saat ini yakni Prof Poorwo Soedarmo. Pada 1950, Menteri Kesehatan Dokter J Leimena mengangkat Prof. Poorwo Soedarmo sebagai kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR), yang waktu itu lebih dikenal sebagai Institut Voor Volksvoeding (IVV). IVV merupakan bagian dari Lembaga Penelitian Kesehatan yang dikenal sebagai Lembaga Eijckman. Pada 25 Januari 1951, LMR melakukan pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan mendirikan Sekolah Juru Penerang Makanan. Sejak saat itu pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di banyak perguruan tinggi di Indonesia. Kemudian disepakati bahwa tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional. Hari Gizi Nasional pertama kali diadakan oleh LMR pada pertengahan tahun 1960-an, kemudian dilanjutkan oleh Direktorat Gizi Masyarakat sejak tahun 1970-an sampai saat ini.

Pemerintah memilih Tema Hari Gizi Nasional ke-62 yakni "Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas". Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), drg Kartini Rustandi mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum yang baik di masa pandemi Covid-19. Yang terpenting, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen dan mempererat kerja sama seluruh elemen bangsa untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui perbaikan gizi masyarakat. Peringatan Hari Gizi Nasional ke-62 memiliki tujuan, yakni: Menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya Pelayanan Gizi spesifik dan sensitif untuk pencegahan masalah gizi ganda. Meningkatkan peran media massa dalam kampanye pencegahan masalah gizi ganda sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Meningkatkan komitmen dan kerja sama antara pemerintah baik sektor kesehatan maupun non kesehatan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta swasta dalam kesehatan dan gizi.

Sumber :
[1] https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/25/193000365/hari-gizi-nasional-2022--sejarah-tema-dan-link-twibbon?page=2.

 

All Comments

TULIS KOMENTAR